Jumat, 30 Desember 2016

Contoh Prota dan Promes Kurikulum 2013 SMP/ Mts - Download Gratis

Contoh Prota dan Promes Kurikulum 2013 SMP/ Mts  ini dapat anda download secara gratis dan lengkap untuk semua mata pelajaran. Prota atau Program Tahunan dan Promes atau Program Semester ini akan sedikit saya jelaskan mengenai apa itu Prota dan Promes, jadi bukan hanya bagi-bagi file Prota dan Promes Kurikulum 2013 SMP saja. Langsung saja download Contoh Prota dan Promes Kurikulum 2013 SMP supaya lebih gampang diikutinya.

File ini lengkap untuk semua kelas dari Prota dan Promes Kelas Matematika, Prota dan Promes Bahasa Indonesia, Prota dan Promes Bahasa Inggris, Prota dan Promes IPA, Prota dan Promes IPS, Prota dan Promes PKN, Prota dan Promes PAI, Prota dan Promes Seni Budaya, Prota dan Promes Prakarya, Prota dan Promes PJOK.

Contoh Prota dan Promes Kurikulum 2013 SMP/ Mts

Prota dan Promes SMP Kurikulum 2013

Prota atau Program Tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa

PROGRAM TAHUNAN KELAS VII SMP
PROGRAM TAHUNAN KELAS VIII SMP

PROGRAM TAHUNAN KELAS IX SMP
Sedangkan Promes atau Program Semester adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan. 

Hubungan dari keduanya tentu saling berkaitan  karena seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa program semester adalah penjabaran dari program tahunan.Yang pertama kali dibuat adalah program tahunan tentunya kemudian baru ke program semester. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dapat anda cantumkan dengan yang sudah ditentukan oleh pemerintah, dan Indikator dapat anda kembangkan sendiri dengan jumlah yang mungkin akan berbeda tiap KDnya (tergantung dari cakupan KDnya). Untuk alokasi waktu tinggal anda masukan dari hasil pemetaan KI-KD dalam Pemetaan.

Kemudian Program Tahunan tersebut dirinci lagi kedalam sebuah Program Semester 1 dan Program Semester 2. Dalam program semester anda tinggal membuat kolom sejumlah minggu efektif, kemudian dari sejumlah minggu efektif tersebut anda blok bagian minggu tidak efektif dan memberi keterangan didalamnya. Pada bagian minggu efektif anda isi dengan tanda ceklist atau dengan jumlah jam per pertemuan (angka), dan seperti yang sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya, bahwa dalam membagi alokasi waktu pada tiap KD/Indikator jangan dihabiskan semuanya karena anda juga harus memasukan kegiatan evaluasi (Ulangan dan Ujian) didalam Program Semester tersebut.

Diharapkan dengan Contoh Prota dan Promes Kurikulum 2013 SMP/ Mts dapat membantu anda dalam membuat administrasi guru secara lengkap.Selain Program Tahunan dan Program Semester anda juga bisa download administrasi lainnya seperti RPP, Silabus, KKM, Pemetaan, KI-KD dll. Akhir kata semoga Prota dan Promes SMP Kurikulum 2013 ini dapat bermanfaat bagi anda dalam menunjang administrasi mengajar di sekolah anda.

Contoh Prota dan Promes Kurikulum 2013 SMP/ Mts - Download Gratis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anisa Tulhaq

0 komentar:

Posting Komentar